MAKALAH
PERUMUSAN VISI, MISI, TUJUAN
DAN STRATEGI ORGANISASI
Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Manajemen Strategik
DOSEN PEMBIMBING
Wafi Ali Hajjaj, S.Pd.I, M.Pd.I
Disusun Oleh :V MPI B
Siti Yuliatin (201691200090)
Titik Muzayyanah (201691200094)
Ulfa Elvitasari (201691200095)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) AT TAQWA BONDOWOSO
JL. HOS. COKROAMINOTO KADEMANGAN – BONDOWOSO
TAHUN AKADEMIK 2017-2018
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang
Mahakuasa atas segala limpahan rahmat serta karunia-Nya, sehingga kami dapat
menyelesaikan makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “Perumusan Visi, Misi, Tujuan Dan Strategi Organisasi”.
Dalam penyusunan makalah atau materi ini, tidak
sedikit hambatan yang kami hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran
dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, bimbingan
orang tua, teman-teman dan guru. Sehingga, kendala- kendala yang penulis hadapi
teratasi.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan
yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran kepada pembaca khususnya para
mahasiswa STAI At-taqwa Bondowoso.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh
dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat
membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Bondowoso, 06
Oktober 2018
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .................................................................................... ii
DAFTAR ISI .................................................................................................. iii
BAB I PENDAHULUAN .............................................................................. 1
A. Latar Belakang
Masalah ....................................................................... 1
B. Rumusan Masalah ................................................................................ 1
C. Tujuan Penelitian .................................................................................. 1
BAB II PEMBAHASAN ................................................................................ 2
A. Konsep Visi Dan Misi........................................................................... 2
B. Tujuan Organisasi.................................................................................. 4
C. Sasaran Organisasi ............................................................................... 5
D. Kaitan antara visi, misi, tujuan dan strategi organisasi......................... 6
BAB III PENUTUP ........................................................................................ 8
A. Kesimpulan .......................................................................................... 8
B. Saran .................................................................................................... 8
DAFTAR PUSTAKA .................................................................................. ...9
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Setiap organisasi memiliki visi,
misi, dan tujuan yang hendak dicapai. Suatu organisasi dapat dikatakan berhasil
apabila dapat mencapai misi, visi, dan
tujuan tersebut. Untuk dapat mencapainya, organisasi harus merumuskan strategi
yang kemudian dijabarkan dalam bentuk program-program atau aktivitas.
Keberhasilan suatu organisasi tidak
hanya tergantung dari indahnya strategi
yang telah dirumuskan, tetapi
lebih penting lagi terletak pada keberhasilan pengimplementasiannya.
Pengimplementasian tersebut membutuhkan pengukuran kinerja untuk memastikan
apakah strategi berjalan sesuai dengan
yang telah direncanakan.
Berkaitan dengan hal tersebut,
sangatlah penting bagi setiap organisasi untuk memiliki sebuah sistem pengukuran kinerja
membandingkan hasil terhadap tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.
B.
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana
Konsep Visi Dan Misi ?
2.
Jelaskan
Tujuan Suatu Organisasi !
3.
Jelaskan
Sasaran Suatu Organisasi !
4.
Bagaimana
Kaitan Antara Visi, Misi, Tujuan Dan Strategi Organisasi?
C.
Tujuan Penelitian
1.
Untuk
Memahami Konsep Visi Dan Misi.
2.
Untuk
Memahami Tujuan Suatu Organisasi.
3.
Untuk
Memahami Sasaran Suatu Organisasi.
4.
Untuk
Memahami Kaitan Antara Visi, Misi, Tujuan Dan Strategi Organisasi.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Konsep Visi dan Misi Perusahaan
1.
Konsep
Visi
Visi organisasi sering dirancang untuk menyatakan aspirasi dari
kepemimpinan eksekutif. Visi menyajikan maksud strategi perusahaan yang
memfokuskan energi dan sumber daya perusahaan pada pencapaian masa depan yang
diinginkan.
Pernyataan visi sering berupa kalimat tunggal yang di desain agar
mudah diingat:
a.
Gambaran
tentang masa depan yang realistik dan ingin diwujudkan dalam kurun waktu
tertentu atau saat yang ditentukan.
b.
Pernyataan
yang diucapkan atau ditulis hari ini merupakan proses manajemen saat ini, yang
menjangkau ke depan.
c.
Suatu
kondisi ideal tentang masa depan yang realistik, dapat dipercaya, menyakinkan
serta mengandung daya tarik.
a.
Kriteria
Visi
1)
Singkat,
sederhana, dan jelas.
2)
Menarik
dan mudah diingat.
3)
Sesuai
nilai-nilai organisasi.
4)
Memiliki
batas waktu.
5)
Bersifat
melibatkan semua orang.
b.
Manfaat
visi
1)
Bukan
fakta tetapi dapat menjadi gambaran pandangan masa depan yang ingin diwujudkan.
2)
Dapat
memberi arah dan mendorong.
3)
Anggota
organisasi menunjukkan kinerja baik.
4)
Menimbulkan
inspirasi dan siap menghadapi tantangan.
5)
Menjembatani
masa kini dan masa mendatang.
6)
Menjadi
gambaran realistis dan kredibel masa depan yang menarik.
7)
Mencipakan
organisasi yang dinamis, tidak statis.[1]
2.
Konsep
Misi
Misi adalah sesuatu yang harus
diemban atau dilaksanakan oleh perusahaan, agar tujuan organisasi dapat terlaksana
dan berhasil dengan baik. Pernyataan misi tersebut diharapkan seluruh karyawan
dan pihak yang berkepentingan dapat mengenal perusahaan dan mengetahui peran
dan programnya serta hasil yang akan diperoleh di waktu yang akan datang.
a.
Kriteria
Misi
1)
Penjelasan
tentang bisnis atau produk atau pelayanan yang ditawarkan sangat diperlukan
masyarakat.
2)
Harus
jelas memiliki sasaran publik yang akan melayani.
3)
Kualitas
produk dan pelayanan yang ditawarkan memiliki daya saing yang meyakinkan
masyarakat
4)
Harus
jelas menyatakan kepedulian organisasi terhada kepentingan pelanggan
5)
Dapat
mengundang partisipasi maasyarakat luas terhadap perkembangan bidang utama yang
degeluti.
6)
Merupakan
fondaasi penyusunan perencanaan strategi yang menunjukkan pentingnya
organisasi.
b.
Komponen
Pernyataan Misi
1)
Konsumen
2)
Produk
/ jasa
3)
Pasar
4)
Tekhnologi
5)
Fokus
pada kelangsungan hidup
6)
Filosofi
7)
Konsep
diri
8)
Fokus
pada citra publik
9)
Fokus
pada karyawan
c.
Karakteristik
pernyataan misi
1)
Luas
dalam cakupan
2)
Panjang
kalimatnya tidak lebih dari 250 kata
3)
Menginspirasi
4)
Mengidentifikasi
kegunaan produk perusahaan
5)
Menunjukkan
bahwa perusahaan bertanggungjawab secara sosial dan lingkungan.
6)
Masukkan
sembilan komponen
7)
Tak
lekang oleh waktu[2]
Dari uraian di
atas dapat penulis simpulkan bahwa, perbedaaan antara visi dan misi adalah visi
merupakan penetapan tujuan yang universal dan bersifat holistik (menyeluruh),
sedangkan misi adalah bagaian-bagain dari program yang telah ditetapkan dalam
rangka pencapaian visi dalam suatu organisasi. Intinya adalah bahwa visi sebagai
tujuan utama sedangkan misi adalah tujuan khusus dalam rangka mencapai tujuan
utama dalam suatu organisasi.
B.
Tujuan Organisasi
Tujuan adalah tanggung jawab
manajemen untuk mencapai hasil atau prestasi dalam waktu tertentu.Tujuan
organisasi adalah “sebagai suatu pernyataan tentang keadaan yang diinginkan
dimana organisasi bermaksud untuk merealisasikan” dan sebagai “pernyataan
tentang keadaan diwaktu yang akan datang dimana organisasi sebagai kolektifitas
mencoba untuk menimbukannya. Tujuan organisasi tersebut antara lain ialah hasil
akhir yang diinginkan diwaktu mendatang usaha-usaha atau kegiatan-kegiatan yang
diarahkan.[3]
1.
Fungsi
tujuan
a.
Pedoman
bagi kegiatan, melalui penggambaran hasil akhir diwaktu yang akan datang.
Memberikan arah dan pemusatan kegiatan organisasi mengenai apa yang harus atau
tidak dilakukan.
b.
Sumber
legitimasi, melalui pembenaran kegiatan – kegiatannya. Akan meningkatkan
kemampuan organisasi untuk mendapatkan berbagai sumber daya dan dukungan dari
lingkungan sekitarnya.
c.
Standar
pelaksanaan, memberikan standar langsung bagi penilaian pelaksanaan kegiatan
(prestasi organisasi).
d.
Sumber
motivasi, karena sering memberikan insentif bagi para anggota.
e.
Dasar
rasional pengorganisasian, karena antara tujuan dan struktur organisasi saling
berinteraksi dalam kegiatan – kegiatan untuk mencapai tujuan.
Pandangan
tetang tujuan organisasi di atas dapat disimpulkan bahwa, semua organisasi
memiliki tujuan yang sama yakni, memajukan dan mensejahterakan orang-orang yang
ada dalam organisasi tersebut. Tujuan spesifik dari organisasi bergantung pada
bentuk dan jenis organisasi, sehngga tujuan spesifik tersebut bisa diwujudkan
melalui jenis organisasi yang menjalankan bentuk usaha atau kegiatannya.[4]
C.
Sasaran Organisasi
Sasaran (goal) organisasi adalah
suatu keadaan atau kondisi yang ingin dicapai oleh suatu organisasi.
Sasaran adalah penjabaran dari
tujuan organisasi, dalam bentuk terakhir dan akan dapat dicapai atau dihasilkan
dalam jangka waktu tahunan, semesteran, atau bulanan. Sasaran juga
menggambarkan hal yang ingin dicapai melalui tindakan-tindakan yang akan
dilakukan untuk mencapai tujuan
2.
Jenis-jenis
Sasaran Organisasi
a.
Sasaran
Resmi (Official goal) yakni tujuan yang telah ditetapkan secara legal sesuai
dengan visi yang telah ditetapkan.
b.
Sasaran
yang sebenarnya diinginkan (Operative goal), yakni sasraan yang dicapai, namun
mengalami perubahan, sehingga dimunculkan kembali sasaran yang diinginkan,
sesuai dengan tujuan semula.
3.
Pihak
yang menetapkan sasaran Organisasi
a.
Pemimpin
Tunggal, terjadi pada perusahaan berukuran kecil dimana pemimpin dipegang oleh
pemilik.
b.
Koalisi
Kelompok Pimpinan, terjadi pada organisasi besar.[5]
D.
Kaitan antara visi, misi, tujuan dan strategi organisasi
Organisasi ini perlu merumuskan visi
yang jelas, misi yang mendukung pencapaian misi, tujuan yang mudah untuk
dicapai dan strategi organisasi yang mampu mewujudkan. Antara Visi, Misi, dan
Perencenaan Strategis memiliki hubungan yang sangat erat dan saling mebutuhkan.
Visi adalah rumusan umum mengenai
keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan, Misi adalah rumusan
umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan Visi,
sedangkan Perencanaan Strategis merupakan proses memutuskan program-program
yang akan dilaksanakan oleh organisasi dan perkiraan jumlah sumber daya yang
akan dialokasikan ke setiap program jangka panjang selama beberapa tahun ke
depan.
Dengan demikian perencanaan strategis
digunakan untuk menentukan atau mewujudkan
visi dan misi organisasi dan membagi-bagi sumber daya yang diperlukan untuk
mencapainya. Jadi dapat dikatakan suatu organisasi pada mulanya memiliki
cita-cita atau tujuan akhir yang ingin dicapai dalam jagka panjang yang disebut
visi, selanjutnya untuk mencapai atau mewujudkan visi organisasi yang telah
ditentukan tersebut, organisasi merumuskan upaya-upaya umum yang hendak
dilakukan yang disebut misi, kemudian untuk mewujutkan misi, organisasi membuat
atau merumuskan upaya-upaya khusus yang dirasa paling efektif dan efisien untuk
mencapai cita-cita organisasi yang disebut perencanaan strategis.
Lebih jelasnya visi merupakan
pernyataan tentang gambaran keadaan dan karakteristik yang ingin dicapai oleh
suatu lembaga pada jauh dimasa yang akan datang. Misi merupakan pernyataan
tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya mewujudkan visi,
dan hubungannya dengan rencana strategis adalah memberikan arah yang akan
membawa lembaga dalam mencapai tujuan yang sesuai dengan visi dan misi yang
telah dirumuskan.[6]
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Setiap organiasi didunia ini
memiliki visi yang universal dan didukung oleh misi, sehingga akan tercapai
tujuan dan sasaran organisasi sesuai dengan jenis dan bentuk organisasi
tersebut.
Organisasi yang mempunyai visi,
misi, tujuan dan sasaran strategis organisasi yang jelas dan tepat sasaran,
akan mampu bertahan dan bersasing dengan organisasi yang sama atau organisasi
lainya. Hal ini akan mewujudkan eksistensi organisasi dalam menghadapi
tantangan dan perubahan yang sudah mengglobal.
Visi adalah rumusan umum mengenai
keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan, Misi adalah rumusan
umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan Visi,
sedangkan Perencanaan Strategis merupakan proses memutuskan program-program
yang akan dilaksanakan oleh organisasi
B.
Kritik Dan Saran
organisasi dalam menentukan visi,
misi, tujuan dan sasaran strategis organisasi, saat ini terlalu berlebihan
sehingga tidak tercapainya visi, misi, tujuan dan sasaran strategis organisasi
yang telah ditetapkan oleh organisasi tersebut. Oleh karena itu, untuk
mewujudkan organisasi yang ideal, perlu menetapkan visi, misi, tujuan dan
sasaran strategis organisasi yang tepat guna dan berdaya guna, untuk mewujudkan
organisasi yang mampu bertahan hingga masa yang akan datang.
DAFTAR PUSTAKA
Sedarmayanti.
2016. MANAJEMEN STRATEGI. Bandung:
PT. Refika Aditama.
Moestopo,
Beragama. 2016. MANAJEMEN STRATEGIK. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial Dan
Ilmu Politik.
https://www.kosngosan.com/2017/03/makalah-manajemen-strategi-perumusan-visi-misi-tujuan-strategi-organisasi.
[1] Sedarmayanti, Manajemen
Strategi, Bandung: PT. Refika Aditama, 2016. Halaman 101-102
[2] Sedarmayanti, Manajemen
Strategi, Bandung: PT. Refika Aditama, 2016. Halaman 103-104
[3] Beragama,
Moestopo, Manajemen Strategik, Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu
Politik, 2016. Halaman 116
[4] https://www.kosngosan.com/2017/03/makalah-manajemen-strategi-perumusan-visi-misi-tujuan-strategi-organisasi.
diunduh pada tanggal 06/10/18
[5] https://www.kosngosan.com/2017/03/makalah-manajemen-strategi-perumusan-visi-misi-tujuan-strategi-organisasi.
diunduh pada tanggal 06/10/18
[6] https://www.kosngosan.com/2017/03/makalah-manajemen-strategi-perumusan-visi-misi-tujuan-strategi-organisasi.
diunduh pada tanggal 06/10/18
Tidak ada komentar:
Posting Komentar