Minggu, 05 Mei 2019

Makalah manajemen strategik (Perumusan Visi, Misi, tujuan dan Strategi Organisasi)


MAKALAH
PERUMUSAN VISI, MISI, TUJUAN
DAN STRATEGI ORGANISASI
Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Manajemen Strategik

DOSEN PEMBIMBING
Wafi Ali Hajjaj, S.Pd.I, M.Pd.I
  

 


Disusun Oleh :V MPI B
Siti Yuliatin                 (201691200090)
Titik Muzayyanah       (201691200094)
Ulfa Elvitasari             (201691200095)


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) AT TAQWA BONDOWOSO
JL. HOS. COKROAMINOTO KADEMANGAN – BONDOWOSO
TAHUN AKADEMIK 2017-2018
KATA PENGANTAR
            Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Mahakuasa atas segala limpahan rahmat serta karunia-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “Perumusan Visi, Misi, Tujuan Dan Strategi Organisasi”.
Dalam penyusunan makalah atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang kami hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, bimbingan orang tua, teman-teman dan guru. Sehingga, kendala- kendala yang penulis hadapi teratasi.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran kepada pembaca khususnya para mahasiswa STAI At-taqwa Bondowoso.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.


Bondowoso, 06 Oktober 2018

     Penyusun     





DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .................................................................................... ii
DAFTAR ISI .................................................................................................. iii
BAB I PENDAHULUAN .............................................................................. 1
A.    Latar Belakang Masalah ....................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah ................................................................................ 1
C.     Tujuan Penelitian .................................................................................. 1
BAB II PEMBAHASAN ................................................................................ 2
A.    Konsep Visi Dan Misi........................................................................... 2
B.     Tujuan Organisasi.................................................................................. 4
C.     Sasaran Organisasi ............................................................................... 5
D.    Kaitan antara visi, misi, tujuan dan strategi organisasi......................... 6
BAB III PENUTUP ........................................................................................ 8
A.    Kesimpulan .......................................................................................... 8
B.     Saran .................................................................................................... 8
DAFTAR PUSTAKA .................................................................................. ...9


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Setiap organisasi memiliki visi, misi, dan tujuan yang hendak dicapai. Suatu organisasi dapat dikatakan berhasil apabila dapat mencapai misi,  visi, dan tujuan tersebut. Untuk dapat mencapainya, organisasi harus merumuskan strategi yang kemudian dijabarkan dalam bentuk program-program atau aktivitas.
Keberhasilan suatu organisasi tidak hanya tergantung dari indahnya strategi  yang  telah dirumuskan, tetapi lebih penting lagi terletak pada keberhasilan pengimplementasiannya. Pengimplementasian tersebut membutuhkan pengukuran kinerja untuk memastikan apakah  strategi berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan.
Berkaitan dengan hal tersebut, sangatlah penting bagi setiap organisasi untuk memiliki  sebuah sistem pengukuran kinerja membandingkan hasil terhadap tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana Konsep Visi Dan Misi ?
2.      Jelaskan Tujuan Suatu Organisasi !
3.      Jelaskan Sasaran Suatu Organisasi !
4.      Bagaimana Kaitan Antara Visi, Misi, Tujuan Dan Strategi Organisasi?

C.    Tujuan Penelitian
1.      Untuk Memahami Konsep Visi Dan Misi.
2.      Untuk Memahami Tujuan Suatu Organisasi.
3.      Untuk Memahami Sasaran Suatu Organisasi.
4.      Untuk Memahami Kaitan Antara Visi, Misi, Tujuan Dan Strategi Organisasi.
BAB II
PEMBAHASAN
A.    Konsep Visi dan Misi Perusahaan
1.      Konsep Visi
Visi organisasi sering dirancang untuk menyatakan aspirasi dari kepemimpinan eksekutif. Visi menyajikan maksud strategi perusahaan yang memfokuskan energi dan sumber daya perusahaan pada pencapaian masa depan yang diinginkan.
Pernyataan visi sering berupa kalimat tunggal yang di desain agar mudah diingat:
a.    Gambaran tentang masa depan yang realistik dan ingin diwujudkan dalam kurun waktu tertentu atau saat yang ditentukan.
b.    Pernyataan yang diucapkan atau ditulis hari ini merupakan proses manajemen saat ini, yang menjangkau ke depan.
c.       Suatu kondisi ideal tentang masa depan yang realistik, dapat dipercaya, menyakinkan serta mengandung daya tarik.
a.       Kriteria Visi
1)      Singkat, sederhana, dan jelas.
2)      Menarik dan mudah diingat.
3)      Sesuai nilai-nilai organisasi.
4)      Memiliki batas waktu.
5)      Bersifat melibatkan semua orang.
b.      Manfaat visi
1)      Bukan fakta tetapi dapat menjadi gambaran pandangan masa depan yang ingin diwujudkan.
2)      Dapat memberi arah dan mendorong.
3)      Anggota organisasi menunjukkan kinerja baik.
4)      Menimbulkan inspirasi dan siap menghadapi tantangan.
5)      Menjembatani masa kini dan masa mendatang.
6)      Menjadi gambaran realistis dan kredibel masa depan yang menarik.
7)      Mencipakan organisasi yang dinamis, tidak statis.[1]
2.      Konsep Misi
Misi adalah sesuatu yang harus diemban atau dilaksanakan oleh perusahaan, agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik. Pernyataan misi tersebut diharapkan seluruh karyawan dan pihak yang berkepentingan dapat mengenal perusahaan dan mengetahui peran dan programnya serta hasil yang akan diperoleh di waktu yang akan datang.
a.       Kriteria Misi
1)      Penjelasan tentang bisnis atau produk atau pelayanan yang ditawarkan sangat diperlukan masyarakat.
2)      Harus jelas memiliki sasaran publik yang akan melayani.
3)      Kualitas produk dan pelayanan yang ditawarkan memiliki daya saing yang meyakinkan masyarakat
4)      Harus jelas menyatakan kepedulian organisasi terhada kepentingan pelanggan
5)      Dapat mengundang partisipasi maasyarakat luas terhadap perkembangan bidang utama yang degeluti.
6)      Merupakan fondaasi penyusunan perencanaan strategi yang menunjukkan pentingnya organisasi.
b.      Komponen Pernyataan Misi
1)      Konsumen
2)      Produk / jasa
3)      Pasar
4)      Tekhnologi
5)      Fokus pada kelangsungan hidup
6)      Filosofi
7)      Konsep diri
8)      Fokus pada citra publik
9)      Fokus pada karyawan
c.       Karakteristik pernyataan misi
1)      Luas dalam cakupan
2)      Panjang kalimatnya tidak lebih dari 250 kata
3)      Menginspirasi
4)      Mengidentifikasi kegunaan produk perusahaan
5)      Menunjukkan bahwa perusahaan bertanggungjawab secara sosial dan lingkungan.
6)      Masukkan sembilan komponen
7)      Tak lekang oleh waktu[2]
Dari uraian di atas dapat penulis simpulkan bahwa, perbedaaan antara visi dan misi adalah visi merupakan penetapan tujuan yang universal dan bersifat holistik (menyeluruh), sedangkan misi adalah bagaian-bagain dari program yang telah ditetapkan dalam rangka pencapaian visi dalam suatu organisasi. Intinya adalah bahwa visi sebagai tujuan utama sedangkan misi adalah tujuan khusus dalam rangka mencapai tujuan utama dalam suatu organisasi.
B.     Tujuan Organisasi
Tujuan adalah tanggung jawab manajemen untuk mencapai hasil atau prestasi dalam waktu tertentu.Tujuan organisasi adalah “sebagai suatu pernyataan tentang keadaan yang diinginkan dimana organisasi bermaksud untuk merealisasikan” dan sebagai “pernyataan tentang keadaan diwaktu yang akan datang dimana organisasi sebagai kolektifitas mencoba untuk menimbukannya. Tujuan organisasi tersebut antara lain ialah hasil akhir yang diinginkan diwaktu mendatang usaha-usaha atau kegiatan-kegiatan yang diarahkan.[3]
1.      Fungsi tujuan
a.       Pedoman bagi kegiatan, melalui penggambaran hasil akhir diwaktu yang akan datang. Memberikan arah dan pemusatan kegiatan organisasi mengenai apa yang harus atau tidak dilakukan.
b.      Sumber legitimasi, melalui pembenaran kegiatan – kegiatannya. Akan meningkatkan kemampuan organisasi untuk mendapatkan berbagai sumber daya dan dukungan dari lingkungan sekitarnya.
c.       Standar pelaksanaan, memberikan standar langsung bagi penilaian pelaksanaan kegiatan (prestasi organisasi).
d.      Sumber motivasi, karena sering memberikan insentif bagi para anggota.
e.       Dasar rasional pengorganisasian, karena antara tujuan dan struktur organisasi saling berinteraksi dalam kegiatan – kegiatan untuk mencapai tujuan.
Pandangan tetang tujuan organisasi di atas dapat disimpulkan bahwa, semua organisasi memiliki tujuan yang sama yakni, memajukan dan mensejahterakan orang-orang yang ada dalam organisasi tersebut. Tujuan spesifik dari organisasi bergantung pada bentuk dan jenis organisasi, sehngga tujuan spesifik tersebut bisa diwujudkan melalui jenis organisasi yang menjalankan bentuk usaha atau kegiatannya.[4]
C.    Sasaran Organisasi
Sasaran (goal) organisasi adalah suatu keadaan atau kondisi yang ingin dicapai oleh suatu organisasi.
Sasaran adalah penjabaran dari tujuan organisasi, dalam bentuk terakhir dan akan dapat dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu tahunan, semesteran, atau bulanan. Sasaran juga menggambarkan hal yang ingin dicapai melalui tindakan-tindakan yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan

2.      Jenis-jenis Sasaran Organisasi
a.       Sasaran Resmi (Official goal) yakni tujuan yang telah ditetapkan secara legal sesuai dengan visi yang telah ditetapkan.
b.      Sasaran yang sebenarnya diinginkan (Operative goal), yakni sasraan yang dicapai, namun mengalami perubahan, sehingga dimunculkan kembali sasaran yang diinginkan, sesuai dengan tujuan semula.
3.      Pihak yang menetapkan sasaran Organisasi
a.       Pemimpin Tunggal, terjadi pada perusahaan berukuran kecil dimana pemimpin dipegang oleh pemilik.
b.      Koalisi Kelompok Pimpinan, terjadi pada organisasi besar.[5]

D.    Kaitan antara visi, misi, tujuan dan strategi organisasi
Organisasi ini perlu merumuskan visi yang jelas, misi yang mendukung pencapaian misi, tujuan yang mudah untuk dicapai dan strategi organisasi yang mampu mewujudkan. Antara Visi, Misi, dan Perencenaan Strategis memiliki hubungan yang sangat erat dan saling mebutuhkan.
Visi adalah rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan, Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan Visi, sedangkan Perencanaan Strategis merupakan proses memutuskan program-program yang akan dilaksanakan oleh organisasi dan perkiraan jumlah sumber daya yang akan dialokasikan ke setiap program jangka panjang selama beberapa tahun ke depan.
Dengan demikian perencanaan strategis digunakan untuk menentukan  atau mewujudkan visi dan misi organisasi dan membagi-bagi sumber daya yang diperlukan untuk mencapainya. Jadi dapat dikatakan suatu organisasi pada mulanya memiliki cita-cita atau tujuan akhir yang ingin dicapai dalam jagka panjang yang disebut visi, selanjutnya untuk mencapai atau mewujudkan visi organisasi yang telah ditentukan tersebut, organisasi merumuskan upaya-upaya umum yang hendak dilakukan yang disebut misi, kemudian untuk mewujutkan misi, organisasi membuat atau merumuskan upaya-upaya khusus yang dirasa paling efektif dan efisien untuk mencapai cita-cita organisasi yang disebut perencanaan strategis.
Lebih jelasnya visi merupakan pernyataan tentang gambaran keadaan dan karakteristik yang ingin dicapai oleh suatu lembaga pada jauh dimasa yang akan datang. Misi merupakan pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya mewujudkan visi, dan hubungannya dengan rencana strategis adalah memberikan arah yang akan membawa lembaga dalam mencapai tujuan yang sesuai dengan visi dan misi yang telah dirumuskan.[6]




BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Setiap organiasi didunia ini memiliki visi yang universal dan didukung oleh misi, sehingga akan tercapai tujuan dan sasaran organisasi sesuai dengan jenis dan bentuk organisasi tersebut.
Organisasi yang mempunyai visi, misi, tujuan dan sasaran strategis organisasi yang jelas dan tepat sasaran, akan mampu bertahan dan bersasing dengan organisasi yang sama atau organisasi lainya. Hal ini akan mewujudkan eksistensi organisasi dalam menghadapi tantangan dan perubahan yang sudah mengglobal.
Visi adalah rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan, Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan Visi, sedangkan Perencanaan Strategis merupakan proses memutuskan program-program yang akan dilaksanakan oleh organisasi

B.     Kritik Dan Saran
organisasi dalam menentukan visi, misi, tujuan dan sasaran strategis organisasi, saat ini terlalu berlebihan sehingga tidak tercapainya visi, misi, tujuan dan sasaran strategis organisasi yang telah ditetapkan oleh organisasi tersebut. Oleh karena itu, untuk mewujudkan organisasi yang ideal, perlu menetapkan visi, misi, tujuan dan sasaran strategis organisasi yang tepat guna dan berdaya guna, untuk mewujudkan organisasi yang mampu bertahan hingga masa yang akan datang.




DAFTAR PUSTAKA
Sedarmayanti. 2016. MANAJEMEN STRATEGI.  Bandung: PT. Refika Aditama.
Moestopo, Beragama. 2016. MANAJEMEN STRATEGIK. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.
https://www.kosngosan.com/2017/03/makalah-manajemen-strategi-perumusan-visi-misi-tujuan-strategi-organisasi.


[1] Sedarmayanti, Manajemen Strategi, Bandung: PT. Refika Aditama, 2016. Halaman 101-102
[2] Sedarmayanti, Manajemen Strategi, Bandung: PT. Refika Aditama, 2016. Halaman 103-104
[3] Beragama, Moestopo, Manajemen Strategik, Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 2016. Halaman 116
[4] https://www.kosngosan.com/2017/03/makalah-manajemen-strategi-perumusan-visi-misi-tujuan-strategi-organisasi. diunduh pada tanggal 06/10/18
[5] https://www.kosngosan.com/2017/03/makalah-manajemen-strategi-perumusan-visi-misi-tujuan-strategi-organisasi. diunduh pada tanggal 06/10/18
[6] https://www.kosngosan.com/2017/03/makalah-manajemen-strategi-perumusan-visi-misi-tujuan-strategi-organisasi. diunduh pada tanggal 06/10/18
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar